Macam-Macam Komunikasi Di Suatu Organisasi
Organisasi
yang saya pilih Saluran Televisi NET TV
Macaam-Macam
Komunikasi Di NET TV
1.
Komunikasi Menurut Cara Penyampaian
Pada dasarnya setiap orang dapat berkomunikasi satu sama
lainnya karena manusia selain makhluk individu juga sekaligus makhluk sosial
yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Namun tidak semua
orang dapat secara trampil berkomunikasi, oleh karena itu perlu dikenali
berbagai cara penyampaian informasi.
Menurut cara penyapaian informasi dapat dibedakan menjadi :
a.
Komunikasi Lisan.
• yang terjadi secara langsung dan tidakdibatasi oleh jarak,
dimana ke dua belah pihak dapat bertatap muka.
• yang terjadi secara tidak langsung karena dibatasi oleh
jarak.
b.
Komunikasi Tertulis.
• yang dilaksanakan dalam bentuk suratdan dipergunakan untuk
menyampaikanyang beritanya singkat. Jelas tetapi dipandang perlu untuk ditulis
dengan maksud tertentu.
• naskah, yang biasanya dipergunakan untuk menyampaikan
berita yang bersifat komplek.
• blangko-blangko, yang dipergunakan untuk mengirimkan berita
dalam suatu daftar.
• gambar dan foto, Karena tidak dapat dilukiskan dengan
kata-kata atau kalimat.
• spanduk, yang biasa dipergunakan untuk menyampaikan
informasi kepada orang banyak.
Dalam
berkomunikasi secara tertulis, sebaiknya dipertimbagkan maksud dan tujuan
komunikasi itu dilaksanakan. Dan perlu juga resiko dari komunikasi tertulis
tersebut aman dan mudah dimengerti dan menimbulkan pengertian yang berbeda dari
yang dimaksud.
2.
Komunikasi Menurut Perilaku
Komunikasi merupakan hasil belajar manusia yang terjadi
secara otomatis, sehingga dipengaruhi oleh perilaku maupun posisi seseorang.
Menurut perilaku, komunikasi dapat dibedakan menjadi :
a.
Komunikasi Formal.
Komunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi atau
perusahaan yang tata caranya telah diatur dalam sruktur organisasinya.
b.
Komunikasi Informal.
Komunikasi yang terjadi di dalam suatu organisasi atau
perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi.
c.
Komunikasi Nonformal.
Komunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat
formal dan informal, yaitu komunikasi yang bertujuan dengan pelaksanaan tugas
pekerjaan organisasi.
Maka
telah diketahui bahwa komunikasi formal, informal dan nonformal saling
berhubungan, dimana komunikasi nonformal merupakan jembatan antara komunikasi
formal dengan komunikasi informal yang dapat memperlancar penyelesaian tugas
resmi
3.
Komunikasi Menurut Maksud Komunikasi
Bila diperhatikan dengan seksama, maka dapat diketahui bahwa
komunikasi dapat terlaksana bila terdapat inisiatif dari komunikator maka
maksud terlaksananya komunikasi lebihbanyak ditentukan oleh komunikator
tersebut.
Menurut maksud dilakukan komunikasi dapat dibedakan sebagai
berikut :
a.
Berpidato
b. Memberi ceramah
c. Memberi prasaran
d. Wawancara
e. Memberi perintah atau tugas
Dengan
demikian jelas bahwa inisiatif komunikator menjadi faktor penentu, demikain pula
kemampuan komunikatortersebutlah yang memegang peranan keberhasilan proses
komunikasinya
4.
Komunikasi Menurut Ruang Lingkup
Ruang lingkup terjadinya komunikasi merupakan batasan jenis
komunikasi ini. Maka dalam komunikasi menurut ruang lingkup dapat dibedakan
sebagai berikut :
a.
Komunikasi Internal.
Komunikasi yang berlangsung dalam ruang lingkup atau
lingkungan organisasi atau perusahaan yang terjadi diantara anggota organisasi
atau perusahaan tersebut saja.
Komunikasi internal ini dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu
:
•
Komunikasi vertikal yang terjadi dalam bentuk komunikasi dari atasan kepada
bawahan.
• Komunikasi horizontal yang terjadi didalam lingkup
organisasi/kantor diantara orang-orang yang mempunyai kedudukan sejajar.
• Komunikasi diagonal yang terjadi di dalam ruang lingkup
organisasi atau kantor diantara orang-orang yang mempunyai kedudukan tidak sama
pada posisi tidak sejalur vertical.
b.
Komunikasi Eksternal.
Komunikasi yang berlangsung antara organisasi kepada pihak
masyarakat yang ada di luar organissi atau perusahaan tersebut.Komunikasi
dengan pihak luar dapat berbentuk :
•
Eksposisi, pameran, promosi, publikasi, dan sebagainya.
• Komperensi pers
• Siaran televise, radio, dan sebagainnya.
• Bakti social, pengabdian pada masyarakat, dan sebagainnya.
Komunikasi
eksternal dimaksudkan untuk mendapatkan pengertian, kepercayaan, bantuan dan
kerjasamadengan masyarakat.
5.
Komunikasi Menurut Aliran Informasi
Komunikasi menurut aliran informasi dapat dibedakan sebagai
berikut :
a. Komunikasi satu arah.
Komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja.
b.
Komunikasi dua arah.
Komunikasi yang bersifat timbale balik, dalam hal ini
komunikasi diberi kesempatan untuk memberikan respons atau feedbeck kepada
komunikatornya.
c.
Komunikasi ke atas.
Komunikasi yang terjadi dari bawahan kepada atasan
d. Komunikasi ke bawah.
Komunikasi yang terjadi dari atasan kepada bawahan
e.
Komunikasi kesamping.
Komunikasi yang terjadi diantara orang yang memiliki
kedudukan sejajar.
Dengan
demikian arah informasi tersebut akan dianut sebagai bentuk interaksi
komunikasinya.
6. Komunikasi Menurut Jaringan Kerja
Di dalam sebuah organisasi atau perusahaan komunikasi akan
terlaksananeburut sistem yang ditetapkanya dalam jaringan kerja.Komunikasi
menurut jaringan kerja ini dapat dibedakan menjadi :
a. Komunikasi jaringan kerja rantai.
Komunikasi trjadi menurut saluran hirarchi organisasi dengan
jaringan komando sehingga mengikuti pola komunikasi formal.
b.
Komunikasi jaringan kerja lingkaran.
Komunikasi terjadi melalui saluran komunikasi yang berbentuk
seperti lingkaran.
c.
Komunikasi jaringan bintang.
Komunikasi yang terjadi melalui satu sentral dan saluranya
yang dilalui lebih pendek.
7.
Komunikasi Menurut Peranan Individu
Dalam
komunikasi ini peranan individu sangat mempengaruhi keberhasilan proses
komunikasinya. Ada beberapa macam antara lain :
a.
Komunikasi antar individu dengan individu yang lain.
Komunikasi
yang terlaksana secara nonformal maupun informal.
b.
Komunikasi antara individu dengan lingkungan yang lebih luas.
Komunikasi
yang terjadi karena individu yang dimaksudkan memiliki kemampuan yang tinggi.
c.
Komunikasi antara individu dengan dua kelompok atau lebih.
Dalam
komunikasi individu berperan sebagai perantara antara dua kelompok atau lebih.
8.
Komunikasi Menurut Jumlah yg Berkomunikasi
Komunikasi yang selalu terjadi diantara sesama manusia baik
perorangan maupun kelompok. Jumlah yang berkomunikasi akan mempengaruhi proses
komunikasi itu sendiri, disamping sifat dan tujuan komunikasi itu dilaksanakan.
Untuk itu dapat dibedakan sebagai berikut :
a. Komunikasi perseorangan.
Komunikasi yang terjadi secara perseorangan atau individual
antara pribadi dengan pribadi tentang permasalahan yang bersifat pribadi juga.
b.
Komunikasi kelompok.
Komunikasi yang berlangsung dalam suatu kelompok atau group
tentang masalah-masalah yang menyangkut kepentingan banyak orang dalam
kelompok.
Sumber
: https://alhafizhahnisa.wordpress.com/2015/03/24/macam-macam-komunikasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar