SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
DISUSUN OLEH
YONATAN ALDI WICAKSONO
3DB03
37116799
I.
PENDAHULUAN
ERP adalah paket sistem
dan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola
kegiatan bisnis harian mereka, seperti pengelolaan keuangan,
pengadaan, produksi, proyek, SDM, dan-lain-lain. Sistem ini dapat
memfasilitasi bisnis dengan informasi real-time dan akurat,
sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis dengan baik berdasarkan data yang
dihasilkan. Dengan mengumpulkan data transaksi bersama dari berbagai
sumber, sistem ERP mencegah duplikasi data dengan memberikan integritas data.
II.
PEMBAHASAN
§ Konsep Dasar
Definis
dan deskripsi ERP dapat disimpulkan adanya kesamaan ide dan kata kunci utama
pada ERP, yaitu adanya aspek perencanaan yang terintegrasi di suatu organisasi
atau perusahaan dengan tujuan agar dapat merencanakan dan mengelola sumber daya
organisasi dan dapat merespon kebutuhan pelanggan dengan baik.
Konsep
ERP dapat dijalankan dengan baik, jika didukung oleh seperangkat aplikasi dan
infrastruktur komputer baik software dan hardware sehingga pengelolaan data dan
informasi dapat dilakukan dengan mudah dan terintegrasi.
Konsep dari
sistem ERP dapat diilustrasikan sebagai berikut :
Sistem
ERP mengintegrasikan informasi dan proses-proses yang berbasis informasi pada
sebuah bagian atau antar bagian dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sistem
ERP terdiri atas beberapa sub sistem (modul) yaitu sistem finansial, sistem
distribusi, sistem manufaktur, sistem inventori, dan sistem human resource.
Masing-masing sub sistem terhubung dengan sebuah database terpusat yang menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh
masing-masing sub sistem. Sub sistem mewakili sebuah bagian fungsionalitas dari
sebuah organisasi perusahaan.
§ MODUL ERP
ü Manajemen Hubungan Pelanggan
Modul ini adalah salah
satu modul yang banyak digunakan dalam bisnis perusahaan. Karena suatu proses
penjualan tentunya dibutuhkan peran seorang pelanggan, dan dengan adanya modul
untuk mengatur hubungan dengan pelanggan agar terjaga dengan baik, maka modul
ini akan sangat dibutuhkan perusahaan.
ü Supply
Chain Management
Modul Supply Chain
Management bertanggung jawab untuk memuat data dan laporan mengenai
pengecekkan setiap tahap dimulai dari bahan baku hingga ke tahap penjualan
akhir.
ü Akuntansi dan
Keuangan
Semua bisnis pasti memerlukan
bagian akuntansi. Karena menjadi bagian yang penting, modul ini bertanggung
jawab memastikan tidak ada perhitungan yang salah di dalam sistem. Selain itu,
modul ini dapat digunakan untuk memproses pelaporan dan audit. Untuk modul
keuangan, modul ini menyediakan berbagai macam laporan keuangan serta
pilihan-pilihan untuk penganggaran dana. Seluruh arus masuk dan keluar uang
akan dikelola oleh modul keuangan yang bertugas melacak semua transaksi yang
berkaitan dengan akun.
ü
Penggajian
Dalam suatu perusahaan besar,
sistem penggajian tentunya menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Dengan
digunakannya modul penggajian dalam sistem ERP tentu akan sangat banyak
membantu. Modul penggajian ini akan membantu mengatur data yang berhubungan
dengan bagian Human Resource.
ü
Sistem Manajemen Inventori
Modul inventori memiliki data yang
terintegrasi dengan modul penjualan, pergudangan dan pembelian. Walaupun bukan
modul yang utama, tetapi modul ini mempunyai peran penting terutama dalam
pengelolaan persediaan bahan baku.
ü Sistem Informasi
Manajemen
Modul ini biasanya dikhususkan
untuk pihak manajemen. Di dalam modul ini tersedia informasi dan laporan dari
keseluruhan modul. Sehingga pihak manajemen mengetahui seluruh aktivitas yang
terjadi di dalam perusahaan.
ü Sumber Daya
Manusia
Modul sumber daya manusia digunakan
untuk membantu dalam pengaturan penggajian dan biaya yang terkait dengan SDM
perusahaan. Selain itu, modul ini data membantu dalam penyimpanan data pegawai
atau pihak luar dengan lebih aman. Dan
yang terakhir adalah membantu dalam sistem perekrutan sehingga lebih efisien.
§
Customer Service
Dibuat secara khusus untuk membantu
kebutuhan perusahaan dalam mengolah proses order penjualan, distribusi,
manajemen hubungan pelanggan dan aktivitas pelanggan. Modul ini juga memiliki
kemampuan untuk memproses pesanan perusahaan, jadwal pengiriman dan perkiraan
dalam penjualan.
§
Controling
Modul ini berkaitan
dengan akunting di perusahaan. Menyediakan informasi umum mengenai keuangan dan
dapat digunakan untuk mendukung dalam pembuatan laporan-laporan controlling.
Modul yang umumnya terdapat di dalam controlling adalah: Cost
Center Accounting, Profitability Analysis, Product Cost Controling, Overhead
Order, Overhead Cost Controling, dan Cost Object Controlling.
§
Quality Management
Modul ini bertanggung
jawab dalam mengatur standarisasi kualitas suatu produk. Standar kualitas dari
perusahaan akan akan terekam dengan baik di dalam sistem yang harus dipenuhi
oleh setiap produk yang dihasilkan. Standar tersebutlah yang akan membuat
konsumen percaya pada produk perusahaan.
§
Logistic
Modul ini berfungsi untuk
memonitor hal-hal yang berkaitan dengan order. Seperti tanggal pengiriman,
pelaksanaan pengiriman barang, aktivitas pengiriman serta dukungan transportasi
untuk pengiriman.
§
Produksi
Modul produksi membantu
perusahaan dalam menghasilkan suatu produk. Modul produksi memiliki
fungsionalitas seperti penjadwalan mesin, Bill of material,
perencanaan produksi, penggunaan bahan baku, melacak perkiraan produksi dan
pembuatan laporan mengenai produksi aktual,
III.
KESIMPULAN
Menurut saya SIA sangat berperan penting
bagi perusahaan atau organisasi terutama
para stakeholder.
IV.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar